Imas Bowo Ari Saputra (IBAS)


Saya tulis sengaja dihari ulang tahun salah satu pemuda gerakan #ayokedamraman. Bowo panggilan akrabnya adalah pemuda yang lahir dari kalangan kelas menengah desa ha..ha..! Diantara kawan-kawannya dia tidak kurang dalam hal ekonomi. Saya kira itu hal yang perlu dia syukuri.
Ibunya sangat senang Bowo aktif terlibat dalam gerakan #ayokedamraman. Bahkan bulan ini dia dibelikan mobil baru untuk berangkat kuliah di Universitas Muhammadiyah Metro. Itu syukur kedua dirinya. Ketika saya tanya motormu mana Wo? Ya ini mas diganti mobil ini. Maklum mas keluarga butuh kendaraan kalau mau ada acara keluarga.
Ayah Bowo pun sangat senang dengan anak semata wayangnya ini. Sejak 56 hari yang lalu bowo tidak lagi kelayapan jauh dari pantauan orang tua. Hari-harinya dihabiskan untuk membuat Dam Raman semakin cantik. Pemuda ini juga menarik. Saat kawan-kawannya pada berdebat soal ide. Dia cenderung diam dan berusaha mendengar. Tapi kalau soal praktik lapangan, dia adalah pemuda yang tinggi tingkat kreatifitasnya. Para pengunjung bisa melihat tulisan "Welcome to Dam Raman" dari kayu gelam dan sebetan papan, ayunan, rumah selfie dari jerami dan lainnya adalah bagian dari sentuhan kreatifitas Bowo dan kawan lainnya.
Hal yang menarik dari mahasiswa Fakultas Hukum ini adalah seni membangun kebaruan. Jika spot-spot selfie mulai membosankan dia mencoba berpikir lagi apa yang harus dilakukan. Jujur saya mengenal Bowo seumur 56 hari gerakan #ayokedamraman. Karena usia saya cukup jauh dan saya tidak mengenal masa dia saat SD, SMP dan SMA.
Semoga hari ini kamu lebih baik dari hari kemarin. Saya pribadi iri, di umur muda itu, kalian sudah melakukan kreatifitas yang luar biasa. Bersama 24 teman lainnya kamu habiskan siang malam memikirkan Dam Raman untuk selalu lebih baik. Kalian sudah sukses merubah tata bahasa kalian semakin ramah, kalian cinta kebersihan, kalian melakukan kebaruan spot selfie dan tentu kalian belajar menjadi manusia yang dapat bekerjasama dengan yang lainnya.
Dam Raman memang tidak dapat memberikan semuanya untuk kehidupan kalian. Tapi setidaknya banyak orang yang sudah berubah akibat yang kalian lakukan dari wisata warga Dam Raman. Terus lakukan kebaruan dan banyaklah belajar dengan wisata di tempat lain. Tidak ada yang baru di bawah sinar matahari. Semua bisa dipelajari. Selamat ulang tahun Imas Bowo Ari Saputra. Panjang umur perjuangan.

Komentar